Rabu, 13 Oktober 2010

Manfaat CRM bagi perusahaan


Menurut Idris Gautama S. dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 Yogyakarta, 18 Juni 2005  yang bertema :
 RELATIONSHIP MARKETING DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
DALAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK
MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS”

Manfaat dari Customer Relationship Management, yaitu: (Tunggal 2000, p.10)
a. Mendorong Loyalitas pelanggan
Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk mendaya-gunakan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik via web, call center, ataupun lewat staff pemasaran dan pelayanan di lapangan. Konsistensi dan aksepsibilitas informasi ini memungkinkan penjualan dan pelayanan yang lebih baik dengan berbagai informasi penting mengenai pelanggan itu.

b. Mengurangi biaya
Dengan kemampuan swalayan dalam penjualan dan pelayanan pelanggan, ada biaya yang bisa dikurangi. Misalnya dengan memamfaatkan teknologi web. Aplikasi CRM juga memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.

c. Meningkatkan efisiensi operasional
Otomasi penjualan dan proses layanandapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow. Penggunaan teknologi web dan call center misalnya, akan mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta proses administratif yang mungkin timbul.

d. Peningkatan time to market
Aplikasi CRM memungkinkan kita membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan, sampai integrasi dengan aplikasi ERP untuk keperluan perencanaan yang lebih baik. Dengan kemampuan penjualan di web, maka hambatan waktu, geografis, sampai ketersediaan sumber data dapat dikesampingkan untuk mempercepat penjualan produk tersebut.

e. Peningkatan pendapatan
Aplikasi CRM menyediakan informasi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Dengan aplikasi CRM, kita dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan secara global tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.














Menurut Debbie Kusuma, yang diupload pada Senin, 20 September 2010 12.45 WIB.

4 Manfaat Utama dari Customer Relationship Management System
 (Vibizmanagement - Sales) - Empat manfaat utama dari Customer relationship management system (CRM system) dibawah ini dapat membantu perusahaan Anda untuk merampingkan database pelanggan mereka dan membuat sebagian besar dari kontak mereka saat ini. Sebab tanpa pelanggan maka tidak ada bisnis dan CRM system dirancang untuk memungkinkan perusahaan untuk memiliki hubungan yang lebih efektif dengan klien bisnis mereka dan pelanggan. Berikut ini adalah empat manfaat atas menggunakan sistem CRM.

1. 1. Improve customer satisfaction / Meningkatkan kepuasan pelanggan
Manfaat utama dari Customer Relationship Management System adalah membantu tim penjualan / sales team untuk menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan karena mereka akan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Tanpa informasi dari CRM maka pelanggan bisa mengalami kesalahan atau kekurangtepatan order yang mengakibatkan terjadinya complain. Tapi saat Anda menerapkan sistem CRM maka tim penjualan dapat mengakses informasi tentang semua pelanggan perusahaan di satu tempat dan dapat mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

2. 2. Share customer information more easily/ Berbagi informasi mengenai pelanggan dengan lebih mudah
Sistem CRM memungkinkan seluruh tim dalam perusahaan mendapatkan informasi pelanggan dengan mudah dan tepat sehingga dapat menghemat waktu. Dengan memiliki data sejarah dari pelanggan maka perusahaan dapat memberikan informasi ini ke seluruh tim penjualan. Sehingga ini akan membuat proses penjualan lebih lancar dan smooth. Kegunaan lainnya adalah bahwa informasi tersebut akan berada di satu tempat dan tidak perlu dibagi di sejumlah drive, dicetak atau di-download ke memori stick sehingga aman.

3. 3. Increase sales by up selling and cross selling other products/ Meningkatkan penjualan dengan penjualan dan penjualan produk lainnya
Sebuah sistem Customer Relationship Management dapat merekam segala sesuatu dari saat seorang pelanggan membuat panggilan dan melakukan pembelian, Dan tim penjualan dapat menggunakan informasi ini untuk menjual produk lain atau jasa lainnya kepada pelanggan mereka, karena mereka memiliki gagasan yang jelas tentang gaya hidup / lifestyle dari pelanggan mereka dan kebiasaan membeli dari pelanggan mereka. Informasi pada sistem CRM juga akan memungkinkan staf untuk melihat histori dari tren beli pelanggan mereka serta mencari pola perilaku pelanggan mereka yang berarti Anda mengetahui kapan anda dapat menghubungi mereka pada waktu yang paling cocok.

4. 4. Identify most profitable and unprofitable customers /Mengidentifikasi pelanggan yang paling menguntungkan dan pelanggan yang tidak menguntungkan
Penjualan dan pemasaran kepada pelanggan yang tidaktepat / tidak menguntungkan dapat memakan waktu dan menguras keuangan serta tenaga Anda. Sebuah sistem dari Customer Relationship Management ini dapat membantu tim penjualan untuk mengidentifikasi para pelanggan yang tidak membawa keuntungan apapun ke dalam perusahaan dan sebagai gantinya memungkinkan mereka untuk memfokuskan waktu mereka pada pelanggan lebih menguntungkan.

Proses ini akan membantu untuk meningkatkan retensi pelanggan kepada tim penjualan supaya tim penjualan dapat membangun hubungan yang kuat dan baik dengan pelanggan yang tepat.

Customer Relationship Management system dapat membantu untuk mengurangi biaya usaha dan meningkatkan penjualan dengan membuat proses penjualan lebih cepat, lebih jelas dan lebih efektif.

Dengan memperhatikan ke 4 hal diatas maka perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat yang sebaik-baiknya dalam memanage atau mengelola pelanggan potensial bagi perusahaan Anda

http://vibizportal.com/




Menurut Hariyanto Wibowo dalam karya tulis yang berjudul “MANFAAT CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP PROFIT PERUSAHAAN”
CRM memberikan beberapa manfaat seperti:
·         Membantu perusahaan / organisasi sehingga memungkinkan bagian marketing untuk mengidentifikasi secara tepat pelanggan / relasi mereka, mengatur bagian marketing dengan tujuan dan sasaran yang jelas serta meningkatkan kualitas bagian marketing.
·         Membantu perusahaan / organisasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengoptimalkan sharing informasi oleh beberapa pegawai dan mempersingkat proses yang ada.
·         Memungkinkan bentuk hubungan personal dengan pelanggan / relasi dengan tujuan meningkatkan kepuasaan pelanggan / relasi dan memaksimalkan keuntungan yang didapat; mengidentifikasi pelanggan / relasi yang potensial dan memberikan mereka service yang lebih dibandingkan pelanggan / relasi lainnya.
·         Memberikan informasi kepada pegawai lainnya untuk mengetahui secara pasti pelanggan / relasi mereka, mengetahui kebutuhannya dan membangun hubungan yang efektif antara perusahaan / organisasi, pelanggan / relasi dan partner pendukung lainnya.
Dengan kata lain, CRM dikembangkan untuk memberikan tingkat kepuasaan pelanggan / relasi sehingga akan tetap kembali dengan service yang perusahaan / organisasi berikan dan membuka peluang bagi perusahaan / organisasi menjadi pemenang dalam berbisnis. (http://www.groupsite.co.id/layanan_erp_crm.shtml)



2 komentar:

  1. good description, how about CRM for personal customer and industrial customer are they similar or not ? if not how they are ? don't forget to put refference for every statemnet oke !

    BalasHapus